Beranda NASIONAL BANDUNG Terbukti Suap Hakim, Edi Siswadi Dibui 8 Tahun Penjara

Terbukti Suap Hakim, Edi Siswadi Dibui 8 Tahun Penjara

508
0

VOB – Terdakwa kasus suap pengurusan perkara korupsi dana bansos Pemkot Bandung yang juga mantan sekda Kota Bandung Edi Siswadi (Edisis) hari ini Kamis (24/04/14)  divonis oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Bandung. selama 8 tahun penjara.

Edi Siswadi dinyatakan terbukti secara sah telah menyuap hakim yang menangani perkara korupsi dana bansos kota Bandung . Vonis tersebut jauh lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) KPK yang menuntutnya dengan hukuman selama 12 tahun.

Wajah Edi Siswadi nampak tegang, dengan mengenakan kemeja tangan panjang warna putih dan celana warna gelap terlihat serius menyimak pembacaan putusan itu. sampai akhirnya  Ketua majelis hakim Nur Hakim SH MH kini tengah membacakan amar putusan majelis hakim.

“Mengadili, menyatakan Edi Siswadi terbukti bersalah melakukan pemberian terhadap hakim secara bersama-sama dan berlanjut. Menjatuhkan pidana penjara selama 8 tahun dikurangi dengan masa tahanan,” ujar  Nurhakim saat membacakan amar putusannya di ruang sidang I Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LRE Martadinata.

Dalam uraiannya majelis hakim menuturkan berdasarkan fakta di persidangan Edi terlibat dalam kasus ini bermula saat dirinya disebut-sebut dalam dakwaan perkara korupsi dana bansos. Yang duduk menjadi terdakwa adalah 7 PNS Pemkot Bandung termasuk didalamnya ajudan Edi. Selain Edi, nama Wali Kota Bandung saat itu, Dada Rosada dan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Herry Nurhayat.

Edi bersama-sama dengan Dada, Herry dan Toto Hutagalung melakukan pertemuan-pertemuan yang isinya supaya terdakwa mendapatkan vonis ringan serta tidak melibatkan dirinya.

Selain dijatuhi hukuman penjara, Edi pun dibebani denda Rp 500 juta subsidair 3 bulan penjara. Hal yang memberatkan yaitu karena terdakwa pejabat tidak memberikan contoh yang baik dalam memberantas tindak pidana korupsi.(JBS/MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.