Beranda NASIONAL BANDUNG Seleksi Capim KPK Tahap Kedua; Peserta akan Diuji Membuat Makalah

Seleksi Capim KPK Tahap Kedua; Peserta akan Diuji Membuat Makalah

777
0

VOB – Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahap kedua akan dilaksanakan di Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

“Mereka (para capim KPK yang lolos seleksi tahap 1) akan dikumpulkan di Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara, Cilandak Barat untuk tes tulisan dan pembuatan makalah,” terang Juru Bicara Panitia Seleksi, Betti Alisjahbana, di Jakarta, Rabu (8/7).

Betti melanjutkan, bahwa ada tiga makalah yang akan menjadi syarat para Capim KPK. Makalah pertama, tentang strategi pencegahan dan pemberantasan Korupsi. Makalah kedua, tentang deskripsi diri pendaftar. Lalu makalah ketiga, dibuat di Pusdiklat dengan durasi selama 3 jam.

Upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi terletak pada aspek penyamarataan Hak dan Kewajiban seluruh warga negara di hadapan hukum. Untuk menelusuri rekam jejak para Capim KPK yang lolos seleksi tahap kedua, Panitia Seleksi akan berkoordinasi dengan institusi yang berhubungan dengan penegakan hukum.

“Sesuai dengan apa yang kita rencanakan sejak awal, untuk penelusuran rekam jejak ini kita berkoordinasi dengan sejumlah institusi terkait, seperti Kepolisian, Kejaksaan, PPATK, serta BIN (Badan Intelijen Negara),” jelasnya.

Betti menyebutkan, hasil seleksi tahap kedua akan diumumkan pada 15 Juli 2015. Kemudian Panitia Seleksi akan langsung melakukan penelusuran rekam jejak para Capim KPK yang lolos tahap kedua ini. (HAG/prib)