Beranda NASIONAL BANDUNG Survei Polsight Pilkada Kota Bandung Nurul Arifin Tertinggal Jauh oleh Oded

Survei Polsight Pilkada Kota Bandung Nurul Arifin Tertinggal Jauh oleh Oded

8
0
BERBAGI
Nurul Arifin

VOICEOFBANDUNG.COM – Lembaga survei Political Insight (Polsight) bekerjasama dengan Direct mengeluarkan hasil survei di Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Bandung. Dalam rilisnya yang disampaikan  Polsight mengatakan bahwa Pasangan Oded M. Danial dan Yana Mulyana unggul mengalahkan Nurul- Ruli dan Yossi-Aris.

Calon ketiganya yang bertarung di Pilkada kota Bandung ini menunjukan hasil dari Polsight adalah Oded-Yana 54,1 %, Nurul-Ruli 23,4 %, Yossi-Aries 20,6 % dan yang belum menentukan Pilihan sebesar 1,9%.

Menurut Jafar Al Kadhri keungulan Oded-Yana adalah di relawannya yang turun kuat dilapangan. “Mereka merata di keseluruh wilayah kota Bandung,” ujar Jafar dalam rilis yang disampaikan pada  Rabu, 30 Mei 2018 di Unpad Training Center Bandung.

Political Insight (Polsight) bekerjasama dengan Direct pada periode 16-21 Mei 2018 mengadakan survei tatap muka untuk mengetahui aspirasi pemilih di Kota Bandung.

Survei ini dilakukan di 23 Kecamatan di Kota Bandung yang dipilih secara acak proporsional, dengan responden sebanyak 400 orang. Dalam survei ini, ada beberapa temuan.

“Beberapa temuan menarik hasil survey jelang pelaksanaan Pilwalkot Bandung. Dimana pasangan Oded-Yana unggul dari pasangan lain, bahwa intensitas interaksi pasangan ini beserta timnya kepada masyaramat cukup baik. Sehingga tinggkat kepopuleran Oded-Yana justru lebih tinggi dibanding dua calon lainnya,”bebernya.

Pengalaman Oded sebagai Wakil Wali Kota Bandung saat ini, analisa terhadap tingginya elektabilitas pasangan Oded-Yana diduga juga disebabkan intensitas dan luasnya titik interaksi kepada masyarakat berama relawan.

Namun demikian, pola interaksi yang sama diikuti pasangan Nurul-Ruli guna meningkatkan elektabilitasnya. Meski performa saat debat mempengaruhi pilihan masyarakat, namun lebih efektif melakukan interaksi langsung dengan masyarakat. Sementara itu, hadir pula akademisi Unpad, Dr. Yusa Djuyandi dan Nugroho Adinegoro (Direct).|AND/UJANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here