Beranda NASIONAL BANDUNG Rio Haryanto Juarai Sprint Race Mobil GP2 Series 2015 di Sirkuit Silverstone

Rio Haryanto Juarai Sprint Race Mobil GP2 Series 2015 di Sirkuit Silverstone

911
0
BERBAGI
Rio Haryanto (dok pribadi)

VOB – Prestasi Rio Haryanto, makin kinclong. Pebalap jet darat nasional itu kembali menyabet gelar juara pertama saat tampil pada race pertama alias sprint race lomba balap mobil GP2 Series 2015, di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (5/7) waktu setempat.

Cep Goldia, Media Relations Rio menyebutkan, Rio Haryanto yang tergabung di tim Campos Racing berhasil mencatat waktu tercepat pada balapan yang diselenggarakan selama 21 lap itu.

Pebalap yang didukung penuh Pertamina itu, tampil tenang dan cepat dari awal balapan untuk merebut kemenangan ketiga di musim GP2 Series 2015 dan masuk finis dengan catatan waktu 36:27.949.

Dengan menjuarai sprint race itu, Rio mendapat tambahan 17 poin sehingga sekarang jumlah total poin yang dikumpulkan 91 dan bertengger di urutan ketiga di bawah Stoffel Vandoorne (ART Grand Prix) dengan 170 poin dan Alexander Rossi (Racing Engineering) dengan 105 poin.

Rio yang memulai balapan dari posisi terdepan mendapatkan star yang bagus dan langsung melesat meninggalkan lawan-lawannya, bahkan sebelum masuk ke tikungan pertama.

Nick Yelloly yang menjadi pesaing terdekat Rio di barisan terdepan, hanya dapat melihat girboks milik Rio terus menjauhi pebalap tuan rumah itu.

Rio tidak melepaskan kaki dari pedalnya dan langsung mencatat waktu terbaik untuk balapan hari itu, dengan catatan waktu 1:42.636 di lap kedua. Predikat catatan waktu tercepat tersebut pun bertahan sampai akhir lomba.

Pada lap kedelapan, Rio kini berhasil membangun jarak tiga detik dengan pebalap di belakangnya, pebalap akademi Ferrari, Rafaelle Marciello.

Rio terus tampil konsisten dengan catatan waktu yang stabil di kisaran satu menit 44 detik. Rio pun kerap menjadi pebalap yang tercepat di rombongan terdepan, sementara pebalap-pebalap di belakangnya mulai mencatat waktu di kisaran satu menit 45 detik.

Kekuatan Rio cenderung terlihat di sektor ketiga yang terdiri atas tikungan cepat bernama Stowe dan kombinasi tikungan chicane Vale. Rio sering mengungguli Marciello di bagian trek Silverstone tersebut.

Bendera chequered flag pun dikibarkan, Rio berhasil menjaga posisinya yang didapat dari awal balapan dan finis di urutan pertama dengan jarak 2,4 detik di depan Rafaelle Marciello yang harus puas di urutan kedua dengan catatan waktu 36:29.874.

Sedangkan pebalap akademi Red Bull, Pierre Gasly, melengkapi podium sprin race hari itu di urutan ketiga dengan catatan waktu 36:32.942.

Rekan satu tim Rio Haryanto, Artgur Pic, dari Perancis, menempati posisi ke-16 dengan catatan waktu 37:02.176. [ara/jie]