Beranda NASIONAL BANDUNG Raden Priyono: Penunjukan TPPI Jusuf Kalla Terlibat

Raden Priyono: Penunjukan TPPI Jusuf Kalla Terlibat

515
0
BERBAGI

VOB – Mantan Kepala Badan Pengelolaan Minyak dan Gas (BP Migas), Raden Priyono menyatakan bahwa alasan penunjukan PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) berdasarkan hasil keputusan rapat di kantor Wakil Presiden yang dipimpin Jususf Kalla (saat itu).

“Kita melaksanakan keputusan. Itu (penunjukan TPPI) berasal dari rapat di Wapres. Hasil rapat dengan Wapres kan disebut bahwa TPPI harus beroperasi kembali. Jadi, harus disuplai kondensat,” kata Priyono di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (18/5) malam.

Pernyataan Priyono disampaikan usai diperiksa hampir 11 jam oleh Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri. Ia dicecar 46 pertanyaan, dan ia menjelaskan alasan bagaimana kronologi BP Migas (sebelum berama SKK Migas) yang ia pimpin menunjuk TPPI untuk menjual kondensat bagian negara.

Kepada juruwarta, ia mengaku menjelaskan kepada penyidik bagaimana proses perjalanan penjualan kondensat, hingga berhenti dan dianggap ada piutang PT TPPI kepada negara. “Prosesnya seperti apa, dan kita juga mengatakan pengawasan kita amandemen dalam tiga kali kontrak untuk mengawasi TPPI ini,” paparnya.

Terkait adanya dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dalam kasus tersebut, ia mengaku tidak tahu. “Bagi saya (TPPU, red) itu terlalu jauh, tapi soal penyalahgunaan wewenang, bahwa BP Migas itu punya wewenang menjual kondensat bagian negara ke dalam negeri.”(ABA/GE)