Beranda NASIONAL BANDUNG Presiden Joko Salah Nyebut Bung Karno Lahir di Blitar, Padahal Bung Karno...

Presiden Joko Salah Nyebut Bung Karno Lahir di Blitar, Padahal Bung Karno Arek Suroboyo

569
0
BERBAGI

VOB – Dua putri Bung Karno, yang merupakan saudara kandung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Sukmawati dan Rachmawati Soekarnoputri menegaskan, ayah mereka lahir di Surabaya, bukan di Blitar seperti dikatakan kader PDIP yang jadi presiden, Joko.

Sukma mengatakan, penelusuran akurasi tempat kelahiran Bung Karno harus merujuk kepada buku otobiografi beliau. ”Lokasi kelahiran Bapak di Surabaya. Selama ini keluarga mengetahui hal itu. Kalau ada dua pendapat soal lokasi kelahiran beliau, kami tegaskan beliau lahir di Surabaya,” kata Sukmawati di Gedung Proklamasi, Jakarta, Sabtu (6/6).

Sementara itu, Rachmawati pada Jumat kemarin mengatakan, apa yang dikatakan Joko soal tempat lahir Bung Karno di Blitar itu sangat tragis dan memalukan. “Semakin jelas kapasitas Jokowi. Masih layakkah? Setop! PDIP jangan bohongi rakyat terus. Sudah cukup rakyat menderita. Segera cabut mandat Jokowi-JK, luruskan kiblat bangsa, kembali kepada Pancasila dan UUD 1945,” kata Ketua Yayasan Pendidikan Soekarno itu.

Sejarawan Bonnie Triyana lewat akun Twitter-nya juga menyatakan Bung Karno lahir di Surabaya. Lewat akun Twitter-nya, Bonnie juga mengunggah foto transkrip pidato Bung Karno ketika mendapat gelar doktor honoris causa dari Universitas Padjadjaran, Bandung, pada 23 Desember 1964, yang masih ditulis dalam ejaan lama.

TranskripPidatoBK

“Lebih dahulu satu koreksi ketjil kepada Rektor; ditulis dalam piagam jang tadi batjakan, bahwa saja dilahirkan bertanggal 6 Djuni 1901 di Blitar. Itu salah. Saja dilahirkan di Surabaja, djadi arek Surobojo,” kata Bung Karno. (Pur/Pribuminews.com)