Beranda NASIONAL BANDUNG Oded Belum Dilantik Sudah Naik Tahta Jadi Plt Walikota Bandung

Oded Belum Dilantik Sudah Naik Tahta Jadi Plt Walikota Bandung

14
0
BERBAGI

SUARABANDUNG, VoB – Setelah menjabat sebagai Plt Wali Kota Bandung, Oded M Danial langsung menempati ruang barunya. Sebelumnya ruangan tersebut diisi oleh Ridwan Kamil yang kini sudah berkantor di Gedung Sate.

Tidak banyak permintaan atau perubahan yang dilakukan oleh Oded. Ia mempersilakan Bagian Umum (Bagum) Setda Pemkot Bandung untuk melakukan sejumlah perbaikan terhadap beberapa bagian yang rusak oleh usia.

“Enggak, enggak ada yang diubah. Enggak ada permintaan khusus juga,” ucap Oded saat memulai hari pertamanya di ruang kerja Wali Kota Bandung, Jumat (7/9/2018).

Sebagai wali kota Bandung terpilih periode 2018-2023, Oded Muhammad Danial justru naik tahta lebih awal. Sebab wali kota sebelumnya, Ridwan Kamil harus berhenti sebelum waktunya mengingat pelantikannya menjadi gubernur Jawa Barat dipercepat.
Periode kepemimpinan pria yang akrab disapa Emil ini masih menyisakan waktu kurang dari dua pekan hingga berakhir pada 16 September mendatang. Namun tetap harus ada seorang pemimpin di Kota Bandung yang kemudian dilimpahkan kepada wakilnya, Oded Muhammad Danial.
Sementara Oded sendiri juga merupakan wali kota Bandung terpilih periode 2018-2023, setelah memenangkan kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) bersama wakilnya, Yana Mulyana.
“Jadi hari ini sudah resmi menyerahkan surat penugasan pelaksana tugas wali kota Bandung kepada bapak Oded Danial sampai tanggal berakhirnya di 16 september,” kata Emil di Gedung Sate, Kamis (6/9/2018).
Penunjukan Oded sebagai Plt wali kota Bandung juga hanya ditugaskan sampai 16 September saja. Kemudian Oded akan menganggur selama tiga hari sebelum akhirnya dilantik sebagai wali kota definitif yang sementara ini dijadwalkan pada 20 September.
Guna mengisi kekosongan yang ditinggalkan Oded sebagai pimpinan Kota Bandung, Emil akan kembali menugaskan Kepala Inspektorat Jawa Barat, Muhammad Solihin menjadi Pejabat Sementara (Pjs).
Sebelumnya, Solihin juga merupakan pengganti Emil ketika cuti mengikuti kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 selama empat bulan.
“Kalau dilantik beliau tanggal 20 nanti selama dari tanggal 16 sampai 20 ada penjabat gubernur nanti kemungkinan Pak Solihin,” tegas dia.
Apabila memungkinkan, Emil berencana akan berkoodinasi terlebih dahulu dengan sejumlah pihak guna mengupayakan pelantikan wali kota Bandung terpilih beserta sejumlah kepala daerah lainnya bisa dipercepat. Sehingga tidak perlu menunggu sampai tanggal 20 September.
“Saya harus konsultasi idealnya kalau saya tidak ada jeda panjang, tapi jadwal di kemendagri tanggal 20, kalau bisa dimajukan saya akan upayakan sehingga tidak banyak seremoni,” katanya.
Satu-satunya yang diminta Oded adalah merombak bagian ruangan yang selama ini menjadi gudang dan kamar tidur tempat istirahat sementara Ridwan Kamil.

“Saya minta gudang itu sama kamar dirombak jadi musala. Itu bisa buat berjamaah 50-70 orang kalau sudah jadi,” katanya.

Oded mengatakan selain digunakan untuk salat pribadi dan para pegawai di kantor wali kota, tempat itu juga bisa dimanfaatkan oleh para tamu.

Ke depan Oded akan meningkatkan komunikasi dan silaturahmi dengan para bawahannya untuk menciptakan iklim kolaborasi yang kuat. Sehingga diharapkan muncul berbagai inovasi yang bermanfaat bagi warga Kota Bandung. |SEP/VoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.