Beranda NASIONAL BANDUNG Muhammad: KPU-Bawaslu tidak dalam Tekanan Pihak Tertentu

Muhammad: KPU-Bawaslu tidak dalam Tekanan Pihak Tertentu

500
0
BERBAGI

VOB- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memastikan diri akan terus berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mengawal proses rekapitulasi suara nasional pada pemilu presiden (pilpres) 2014. Koordinasi itu dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat daerah hingga tingkat pusat.

Ketua Bawaslu, Muhammad juga memastikan saat ini baik, KPU dan Bawaslu tidak dalam tekanan dan intimidasi kekuatan politik manapun. Baik KPU dan Bawaslu akan berusaha untuk tetap netral dan profesional.

“Penting kami menegaskan bahwa kami tidak dibawah tekanan atau dibawah intimidasi untuk pastikan proses penghitungan suara. Kami yakinkan, Insya Allah kami akan tetap bekerja secara netral tanpa tekanan dari pemerintah, TNI/Polri atau dari pasangan calon (paslon),”ujarnya di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (10/7).

Lebih lanjut, Muhammad meminta kepada publik dan juga para peserta pemilu untuk memberikan kepercayaan kepada KPU dan Bawaslu untuk bekerja. Namun demikian ia juga meminta publik untuk selalu tetap siaga mengawasi kedua lembaga penyelenggara tersebut.

“Berikan kepercayaan kepada kami namun kami tentunya tetap diawasi. Tolong hargai kewenangan kami,” jelas doktor ilmu politik alumnus Universitas Airlangga tersebut.

Masih kata Muhammad  Ia juga  meminta kepada awak media untuk bersikap tenang, netral dan tidak membuat berita yang bersifat provokatif dan memicu ketegangan diantara kedua belah kubu yang sedang bersaing.

“KPU dan Bawaslu ajak kita semua awasi proses tahapan rekapitulasi suara secara berjenjang. Kami menyadari tanpa peran serta penyelenggara pemilu dan media tidak akan optimal,” tutupnya.