Beranda NASIONAL BANDUNG Kerry: Anjungan Pengeboran Minyak di Laut China Selatan ‘Provokatif’

Kerry: Anjungan Pengeboran Minyak di Laut China Selatan ‘Provokatif’

557
0
BERBAGI

VoB – Kapal China dan Vietnam telah saling menabrak satu sama lain dan saling menembakkan meriam air beberapa kali sejak Beijing mendirikan anjungan pengeboran minyak yang dikelola negara bulan lalu.

Menteri Luar Negeri John Kerry mengatakan Amerika Serikat “sangat prihatin” bahwa China menempatkan sebuah anjungan pengeboran minyak di daerah Laut Cina Selatan yang juga diklaim oleh Vietnam.

Pernyataan itu muncul di saat panglima militer Beijing memulai perjalanan ke Amerika Serikat, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kerja sama militer Amerika-China dan mengurangi ketegangan maritim.

Kapal China dan Vietnam telah saling menabrak satu sama lain dan saling menembakkan meriam air beberapa kali sejak Beijing mendirikan anjungan pengeboran minyak yang dikelola negara bulan lalu.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki mengatakan Kerry mengatakan kepada Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam pembicaraan telepon bahwa langkah itu “provokatif” dan “agresif.”

Sebagai tanggapan, Kementerian Luar Negeri China mengatakan Wang mendesak Kerry untuk “berbicara dan bertindak hati-hati,” dengan mengatakan ia harus bersikap obyektif ketika berbicara tentang China.(VoA/bd)