Beranda NASIONAL BANDUNG Hasil Audit Forensik Petral Diminta Diserahkan ke Penegak Hukum

Hasil Audit Forensik Petral Diminta Diserahkan ke Penegak Hukum

584
0
BERBAGI

VOB (SUARABANDUNG) – Hasil audit forensik terhadap Pertamina Energy Trading Limited (Petral) dalam rentang waktu 2012 – 2014 diminta segera diserahkan pemerintah ke aparat penegak hukum. Yang meminta itu adalah anggota Komisi VII DPR, Kurtubi. Dengan begitu, katanya, diharapkan dugaan adanya mafia migas di anak usaha PT Pertamina (Persero) itu terungkap. “Lihat follow-up dari hasil-hasil audit tersebut. Kalau dibawa ke ranah hukum, mungkin aktor yang selama belasan tahun terakhir akan bisa terkuak juga. Yang penting hasil audit forensik ini kita dorong untuk dibawa ke ranah hukum,” ujar Kurtubi di Jakarta, Rabu (11/11).

 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sebelumnya telah menyatakan akan menyerahkan hasil audit forensik terhadap Petral ke Presiden Joko. Selanjutnya, Jokolah yang menentukan apakah audit forensik berlanjut ke audit investigasi. “Audit investigasi biasanya sudah masuk ke ranah hukum. Saya pikir Menteri ESDM akan segera melaporkan ke presiden bagaimana tindak lanjutnya,” kata Staf Khusus Menteri ESDM Said Didu dalam sebuah dialog di salah satu televisi nasional, Rabu (11/11).

Diungkapkan Didu, Kementerian ESDM sejauh ini telah memegang nama-nama oknum serta perusahaan yang ikut bermain dalam jaringan mafia migas. “Secara terang benderang sudah terkonfirmasi bahwa isu selama ini terhadap siapa, modusnya seperti apa, cara mainnya seperti apa sudah terungkap di audit forensik,” ujarnya. (ujang/P)