Beranda DUNIA Facebook Beli Produsen Perangkat Virtual Reality

Facebook Beli Produsen Perangkat Virtual Reality

555
0
BERBAGI

VoB – Facebook Inc mencetak akuisisi terbesar keduanya tahun ini dengan membeli Oculus VR Inc seharga $2 miliar dalam uang tunai dan saham, Selasa kemarin. Oculus merupakan produsen perangkat virtual reality (VR) yang baru berusia 20 bulan.

Transaksi ini merupakan bagian dari ambisi perusahaan jejaring sosial itu untuk menghubungkan pengguna di setiap perangkat dan mode komunikasi. Bulan lalu Facebook membeli aplikasi pesan singkat WhatsApp sebesar $19 miliar.

Saat ini, para raksasa teknologi bersaing ketat memperebutkan perusahaan rintisan atau start-up yang terlihat menjanjikan. Padahal perusahaan kecil itu, seperti Oculus dan WhatsApp, sebenarnya belum terlalu mendatangkan laba.

Oculus memproduksi sebuah headset bernama Rift, peranti visual yang digunakan untuk bermain videogame. Meski demikian, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan perusahaannya memiliki rencana lebih besar bagi Oculus.

“Kami akan menjadikan Oculus satu platform bagi banyak hal,” kata Zuckerberg dalam sebuah pernyataan.

“Bayangkan menonton pertandingan di kursi terdepan, belajar di ruang kelas dengan pelajar dan guru dari seluruh dunia, atau berkonsultasi tatap muka dengan dokter Anda—hanya dengan memakai kacamata [Oculus] dari rumah Anda,” kata Zuckerberg.

Ide itu masih menunggu reaksi konsumen. Sejauh ini konsumen umumnya tak menyukai peranti yang dipakai di kepala untuk meningkatkan pengalaman visual mereka, baik untuk videogame maupun televisi 3-D.

Teknologi virtual reality sejak dulu dikritik karena kadang membuat penggunanya limbung dan mual setelah memakainya. Oculus mengatakan tengah menangani masalah ini bagi produk yang akan dijualnya ke konsumen.

Brian Blau, analis Gartner Inc, memprediksi Oculus masih butuh waktu beberapa tahun untuk mewujudkan pengalaman VR “yang benar-benar memukau.” Blau sebelumnya turut mengembangkan teknologi VR.

Ia juga meragukan penilaian Zuckerberg, yang mengklaim bahwa Oculus dapat menjadi “platform paling sosial dalam sejarah.”

“Kata-kata semacam itu telah menjadi slogan bagi VR sejak awal pengembangannya, tetapi sampai sekarang belum terwujud,” kata Blau.

Oculus adalah perusahaan asal Irvine, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada 2012 oleh Palmer Luckey. Pria yang kini berusia 21 tahun itu bersekolah di rumah (home schooling) dan mulai berkiprah di bidang teknologi dengan memperbaiki iPhone lama. Ia lantas bekerja sebagai teknisi Institut Teknologi Kreatif di University of Southern California.

Luckey menggalang dana lebih dari $2,4 juta dari Kickstarter untuk membantunya mengembangkan produk pertama Oculus.

Tak seperti WhatsApp yang digunakan oleh 450 juta orang, produk Oculus belum dijual. Oculus juga tidak mengatakan kapan akan merilis produknya. Oculus kini menjual purwarupa bagi pengembang seharga $350.(WSJ/VoB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here