Beranda NASIONAL Ditanya Pendamping Jokowi, PDIP Bungkam

Ditanya Pendamping Jokowi, PDIP Bungkam

523
0
BERBAGI

VoB – Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Tjahjo Kumolo membantah kabar, bila partainya sudah memutuskan siapa cawapres yang akan menemani Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilu Presiden (Pilpres), 9 Juli nanti.

“Terkait dengan pemberitaan yang menyatakan, bahwa cawapres Pak Jokowi sudah ditetapkan, sama sekali tidak benar,” tegasnya dalam rilis yang diterima VoB, Kamis (24/4).

Menurut Tjahjo, cawapres Jokowi akan disampaikan pada momentum yang tepat dan diumumkan ke rakyat secara langsung. “Oleh Ibu Megawati (Ketua Umum DPP PDIP), Pak Jokowi dan didampingi ketua umum partai pengusung,” jelas mantan Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ini.

Sementara, terkait belum adanya figur tepat sebagai cawapres yang akan menemani Gubernur Jakarta itu, Tjahjo memaparkan beberapa alasan. Pertama, menunggu selesainya rekapitulasi suara Pemilu Legislatif (Pileg), agar pengajuan pasangan capres/cawapres dapat memenuhi ambang batas pencapresan sesuai UU No 42/2008.

“Di mana pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol yang memenuhi ketentuan suara sekurang-kurangnya 20 persen suara atau 25 persen suara di DPR RI,”

Kedua, kata Tjahjo, figur cawapres merupakan hal penting dan strategis serta serta menentukan masa depan bangsa dan negara Indonesia. “Karena itulah, penetapan cawapres dilakukan dengan cara seksama dan melalui pertimbangan yang mendalam,” jelas Anggota Komisi I DPR ini. Kemudian, mencari figur cawapres yang memiliki pandangan sama, yakni mengusung konsep Trisakti sebagai dasar kepemimpinan nasional.

Ketika dikonfirmasi siapa tokoh yang akan mendampingi Joko Widodo (Jokowi) sebagai cawapres, Tjahjo enggan berkomentar dan tidak menjawab. Kabar yang beredar ada beberapa kandidat kuat yang dipastikan sebagai pendamping Gubernur DKI Jakarta dalam pemilu presiden mendatang, diantaranya mantan wakil presiden, Jusuf Kalla, Mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, dan mantan Pangkostrad, Letjen TNI (purn) Luhut Binsar Panjaitan. Mar/VoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here