Beranda NASIONAL BANDUNG Duh Ini Sangat buruk Untuk Demokrasi – Pemilik Media Ramai-ramai Merapat ke...

Duh Ini Sangat buruk Untuk Demokrasi – Pemilik Media Ramai-ramai Merapat ke Jokowi

48
0
BERBAGI
Erick Thohir
Presiden Joko Widodo berjabat tangan usai mengumumpan Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Pilpres 2019 didampingi bakal calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Posko Pemenangan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/9/2018). tirto.id/Andrey Gromico
Oleh: Rio Apinino
Banyak pemilik media yang merapat ke kubu Jokowi-Ma’ruf Amin. Hal ini dapat merugikan publik karena mungkin pemberitaan jadi tak imbang alias berat sebelah.

Terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin untuk pemilihan presiden tahun depan jelas tak bisa dilepaskan dari posisinya selaku pengusaha media.

Jokowi menyinggung posisi tersebut ketika mengumumkan nama Thohir di Posko Pemenangan Rumah Cemara, Jakarta, Jumat (7/9/2018) kemarin. Menurut presiden ke-7 Indonesia itu, Thohir memang dipilih salah satunya karena faktor kesuksesan mengelola bisnis—tak hanya media, tapi juga klub olahraga.

“Beliau adalah pengusaha sukses, memiliki media, klub sepak bola, klub basket, dan memiliki lain-lainnya,” ujar Jokowi.

Sebagai pengusaha, Thohir mendirikan dan memiliki Mahaka Group. Konsorsium perusahaan itu memiliki empat media daring, empat media cetak, dan empat media berbasis broadcasting. Beberapa di antaranya seperti Jak TV, Gen FM, Harian Republika, Parents Indonesia, hingga republika.co.id.

Thohir juga tercatat memiliki saham di sejumlah klub sepak bola dan basket. Saham Thohir di klub basket ada di Philadelphia 76ers (NBA), klub Satria Muda, dan Indonesia Warriors (ABL). Pada sepakbola, Thohir memiliki saham di klub D.C. United (AS), Internazionale Milan (Italia), dan Persib Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.